Communication Skill Wajib Kamu Miliki Untuk Bersaing Di Era Digital

Communication skill menjadi suatu tuntutan yang wajib dipenuhi dalam persaingan di era digital. Hal tersebut menjadi penting untuk menghindari kesalahan penyampaian dalam satu forum. Belum lagi saat ini banyak masuk beragam alat untuk komunikasi di dunia digital. Hadirnya berita-berita hoax saat ini bisa jadi akibat dari pesan yang disampaikan antar personal tidak sesuai, artinya penerima belum bisa menerima pesan dengan baik.

Mampu berkomunikasi secara efektif adalah yang paling penting dari semua keterampilan hidup. Komunikasi merupakan kegiatan mentransfer informasi dari satu tempat ke tempat lain dari satu orang ke orang lain. Dapat berupa suara (menggunakan suara), tulisan (menggunakan media cetak atau digital seperti buku, majalah, situs web atau email), secara visual (menggunakan foto, bagan atau grafik) atau non-verbal (menggunakan bahasa tubuh, isyarat dan nada suara).

Seberapa baik informasi dapat dikirim dan diterima menjadi tolak ukur seberapa baik kemampuan komunikasi kita.

Pentingnya Keterampilan Komunikasi yang Baik

Mengembangkan communication skill dapat membantu semua aspek kehidupan kita dalam keseharian, contoh pentingnya adalah di kehidupan professional.

Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi secara akurat dan jelas adalah keterampilan hidup yang vital dan sesuatu yang tidak boleh diabaikan. Tidak pernah ada kata terlambat untuk melatih communication skill kita dengan melakukannya untuk meningkatkan kualitas hidup.

Secara profesional, jika Kita sedang melamar pekerjaan atau ingin mendapatkan promosi dalam karir sudah pasti perlu menunjukkan communication skill yang baik. Communication skill diperlukan untuk berbicara secara tepat dengan berbagai karakter orang sambil mempertahankan kontak mata yang baik, mendemonstrasikan beragam kosakata dan menyesuaikan bahasa kita dengan audiens, mendengarkan secara efektif, mengemukakan ide-ide dengan tepat, menulis dengan jelas dan ringkas, dan bekerja dengan baik dalam kelompok. Keterampilan ini lah yang banyak dicari oleh para perusahaan-perusahaan di dunia disamping hard skill yang kita miliki.

Berikut skill yang sangat kita butuhkan untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan communication skill Kita.

Interpersonal Communication Skills

Keterampilan interpersonal adalah keterampilan yang kita gunakan ketika terlibat dalam komunikasi tatap muka dengan satu atau lebih orang lain (komunikasi secara langsung).

Verbal Communication (Komunikasi lisan)

Komunikasi lisan atau Verbal Communication tidak berbeda dengan komunikasi interpersonal. Komunikasi lisan secara langsung komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang saling bertatap mula secara langsung dan tidak ada jarak atau peralatan yang membatasi.

Kata-kata yang kita pilih dapat membuat perbedaan besar kepada orang lain dalam memahami kita. Misalnya, berkomunikasi dengan anak kecil, atau dengan seseorang yang lebih tua dibanding kita. Pasti akan berbeda ketika berbicara dengan teman perlu menggunakan bahasa sederhana, kalimat pendek. Juga pasti sangat berbeda ketika berbicara dengan seorang teman lama yang telah Kita kenal selama bertahun-tahun.

Non-verbal Communication (Komunikasi non verbal)

Komunikasi lisan yang tidak langsung adalah komunikasi yang dilakukan dengan perantara alat seperti telepon, handphone, video call, dan lain sebagainya karena adanya jarak dengan si pembicara dengan lawan bicara.

Listening (Mendengarkan)

Mendengarkan adalah keterampilan komunikasi interpersonal yang sangat vital.

Ketika kita berkomunikasi, kita menghabiskan 45% dari waktu kita untuk mendengarkan. Kebanyakan orang mendengarkan begitu saja tanpa diresapi atau dihayati, tetapi hal tersebut tidak sama dengan mendengar yang dimaksud.

Sering menjadi pendengar dapat memberikan lebih banyak informasi tentang cara mendengarkan secara efektif dan dapat membantu menghindari kesalahpahaman.

Communication Skill lainnya

Keterampilan berkomunikasi cakupannya lebih dari sekadar komunikasi verbal dan non-verbal, bahkan dalam berbagai situasi. Misalnya, Presentation Skills (kemampuan presentasi), writing skill (kemampuan menulis), dan personal skill.

Presentation Skills (kemampuan presentasi). Meskipun, banyak dari kita, keterampilan presentasi jarang digunakan, mungkin akan ada saat-saat dalam hidup ketika kita perlu menyajikan informasi kepada sekelompok orang, baik dalam formal atau informal.

Writing skill (kemampuan menulis). Keterampilan komunikasi tidak terbatas pada interaksi langsung dengan orang lain dan kata yang diucapkan.

Kemampuan untuk dapat menulis dengan jelas dan efektif adalah kunci untuk komunikasi, dan  keterampilan ini tidak terbatas untuk wartawan atau penulis professional saja. Komunikasi tertulis yang buruk dapat membuat pembaca tidak memahami dan kemungkinan besar pesan yang diharapkan tidak sampai.

Personal skill (keterampilan pribadi) adalah keterampilan yang kita gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Tetapi keterampilan ini juga dapat meningkatkan komunikasi.

Proxsis HR merupakan lembaga yang berpengalaman dan memiliki reputasi tinggi dalam melaksanakan program-program pengembangan karyawan, dan telah membantu banyak perusahaan dalam mensukseskan program pelatihan, coaching dan mentoring serta assessment. Jika Anda tertarik untuk mengikuti program kami silakan mengisi form registrasi melalui tautan berikut Inquiry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Open chat