Dalam menjalani kehidupan, setiap manusia memiliki porsi waktu yang sama dalam sehari, yaitu 24 jam. Hal yang membedakan kualitas manusia yang satu dengan yang lain adalah bagaimana mereka memanfaat waktu tersebut. Hal tersebut tergambar pada kebiasaan sehari-hari, dimana kebiasaan tersebut membuat setiap orang berbeda-beda. Membangun kebiasaan baik atau istilah kerennya Good Habits merupakan cara yang tepat untuk mengoptimalkan waktu agar 24 jam kita tidak berlalu begitu saja. Kebiasaan-kebiasaan baik akan membawa kita kepada hal-hal baik lainnya, untuk itu membangun habits yang baik merupakan hal yang sangat penting dilakukan.

Membahas tentang kebiasaan baik, Stephen Covey pernah membahas hal ini dalam bukunya yang berjudul “Tujuh Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif”. Lalu apa saja tujuh kiat ampuh untuk menerapkan Good Habits menurut Stephen Covey?

  • Kiat 1: Jadilah Proaktif

    Menjadi proaktif berarti anda mampu mengambil inisiatif dalam kehidupan dengan menyadari bahwa keputusan anda adalah faktor determinasi primer untuk efektifitas dalam kehidupan anda. Kiat ini dapat kita mulai dengan hal-hal sederhana seperti, membantu rekan kerja ketika melihat Ia butuh bantuan. Saat melihat teman yang butuh diajak ngobrol, ajaklah mengobrol. Selagi ada yang bisa kita lakukan, berinisiatiflah untuk melakukan. Kita tidak tahu kehidupan punya kejutan apa, maka jemputlah. Karena kelak kita akan belajar sesuatu dari hal tesebut.

  • Kiat 2: Fokus pada waktu dan energi terhadap hal-hal yang dapat dikendalikan.

    Jadi, apa yang Anda inginkan ketika tumbuh dewasa? Pertanyaan tersebut mungkin tampak sedikit basi ya, tapi coba pikirkan untuk sesaat. Apakah saat ini Anda sudah menjadi apa yang Anda inginkan? Apakah sudah sesuai dengan mimpi Anda dahulu? Coba jujurlah. Terkadang seseorang menemukan jatidirinya menemukan kemenangan yang kosong. Kesuksesan yang datang adalah bayaran dari sesuatu yang lebih bernilai dari mereka. Temukan diri sendiri dan klasifikasi nilai-nilai karakter dan tujuan hidup anda yang sangat penting. Ingat tidak lembar kerja kita semasa kanak-kanak? Mencari jalan menuju rumah? Kita terbiasa diajarkan untuk mulai mengerjakan dari akhir. Hal tersebut dilakukan agar kita fokus menuju rumah. Begitu pula dalam membangun good habits, mulai dari akhir membuat kita fokus pada tujuan, bukan fokus pada cabang-cabang dalam pejalanan.

  • Kiat 3: Dahulukan prioritas

    Rencanakan, prioritaskan, eksekusi tugas-tugas mingguan anda berdasarkan skala kepentingan terlebih dahulu dibandingkan skala urgensinya. Prioritaskan terlebih dahulu hal-hal yang menurut anda penting baru memberikan perhatian atau bersenang-senang pada hal-hal yang lain.

  • Kiat 4: Berpikir win-win solution

    Bangun good habits anda dengan mindset bahwa “kemenangan” bukan hanya untuk diri kita sendiri, tapi menang untuk kita semua. Kebiasaan ini akan mempertajam empati, dan menjauhkan diri dari rasa egois. Berpikir win-win solution adalah suatu resolusi jangka panjang yang lebih baik. Bukanlah lebih menyenangkan jika kita menang bersama kan?

  • Kiat 5: Memahami sebelum dipahami

    Pada prinsipnya yang menjadi oientasi kita adalah orang lain. Ini menciptakan suasana kepedulian, menghormati, dan pemecahan masalah secara positif.

  • Kiat 6: Sinergi

    Sinergi berarti menggabungkan kekuatan dari beberapa orang melalui kerjasama tim yang positif. Kolaborasi dari sekelompok orang akan memudahkan kita mencapai titik tujuan. Maka bekerja sama dan bersinergilah.

  • Kiat 7 : Mengasah kemampuan yang dimiliki

    Maksud dari kiat ketujuh ini adalah seimbangkan dan perbaharui sumber daya, energi, dan kesehatan anda untuk menciptakan gaya hidup berkelanjutan, jangka panjang dan efektif. Lakukan hal-hal produktif dan terus belajar seperti membaca buku yang menarik, menonton film-film yang menginspirasi, atau dengarkan lagu-lagu untuk refleksi.

Baca juga : Bagaimana Memahami Komunikasi Nonverbal Rekan Kerja Anda

Demikian 7 kiat yang akan memudahkan anda membangun Good Habits. Change your habits, change your life dari buku Stephen Covey.

Dimana Proxsis HR dapat membantu mengembangkan kemampuan personal. Karena Proxsis HR merupakan lembaga yang berpengalaman dan memiliki reputasi tinggi dalam melaksanakan program-program pengembangan karyawan, dan telah membantu banyak perusahaan dalam mensukseskan program pelatihan, coaching dan mentoring serta assessment. Proxsis HR melihat bahwa karyawan sebagai aset yang perlu dilindungi dan ditangani dengan sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu