Time management (manajemen waktu) dalam bisnis merupakan hal yang penting agar bisnis bias berjalan dengan baik. Semakin besar bisnis yang dijalankan, maka harus semakin pandai menggunakan waktu agar menjadi lebih efektif. Jika menjumpai entrepreneur yang keteteran atau selalu bilang “Aduh, waktu saya ga cukup nih buat mengerjakan ini dan itu!”  Sebenarnya mereka hanya kewalahan di time management dalam bisnis. Semua bisa terkendali kalau tahu bagaimana mengatur time management yang baik.

Banyak orang menganggap kalau time management yang baik itu adalah dengan bekerja lebih keras. No! Sebenarnya yang dimaksud dengan time management (manajemen waktu) yang baik adalah bekerja secara cerdas.

Jika sekedar bekerja keras energi akan terkuras sebelum semua pekerjaan selesai. Tapi dengan bekerja cerdas, kita sudah mengatur semua dengan baik dan tinggal menjalankannya. Waktu menjadi lebih efekti dan efisien serta menghemat tenaga dan pikiran.

6 Kiat Time Management Untuk Bisnis,Pelatihan Komunikasi EfektifPentingnya memiliki manajemen waktu dalam berbisnis menjadi salah satu faktor untuk kelancaran dan kesuksesan. Dimana ketika seseorang menjalankan suatu bisnis maka ia harus menjalankan bisnisnya dengan penuh rasa tanggung jawab.

Pelaku bisnis harus memiliki manajemen waktu dengan baik agar urusan bisnisnya dapat berjalan lancar. Hal itu perlu dimiliki mengingat pelaku bisnis memiliki kesibukan tersendiri untuk menjalankan bisnisnya seperti misalnya melakukan pertemuan dengan client, atau agenda-agenda rapat lainnya. Untuk itu, pelaku bisnis harus mampu memanajemen waktunya dengan cara membuat daftar kegiatan, mengatur prioritas, menghindari kebiasaan menunda pekerjaan, dan lain sebagainya.

Baca juga : 3 Alasan Mengapa Kepemimpinan yang Baik Dibutuhkan Agar Bisnis Sukses

Sebagai seorang pengusaha, tentu mempelajari sebuah manajemen waktu adalah hal yang mutlak. Dengan menjalankan manajemen waktu yang baik maka seorang penguaha akan menjadi professional seiring dengan berjalannya waktu. Selain itu, pengusaha yang berhasil menggunakan waktunya dengan tepat maka tidak akan menemui kesulitan saat menjalankan bisnis. Pasalnya, dengan menerapkan manajemen waktu yang baik maka akan semakin mudah meraih kesuksesan. Siapa pun bisa menerapkan manajemen waktu yang baik seperti halnya yang dilakukan oleh banyak pengusaha sukses.

  1. Prioritaskan dan Delegasi
    Ketahui hal-hal yang perlu diprioritaskan dan selalu masukan rencana prioritas ke dalam kalender. Kalau ada hal lain yang perlu dikerjakan tinggal disesuaikan. Ketahuilah bahwa semua tidak bisa di-handle sendiri. Pendelegasian dalam mengerjakan tugas merupakan opsi bisa ditempuh agar hal-hal yang menjadi prioritas tidak terganggu.
  1. Jangan Takut Untuk Memulai
    Sebagian besar entrepreneur tidak benar-benar memulai dan kebanyakan bahkan ide bisnisnya berakhir bahkan sebelum dimulai. Stop menunggu waktu yang tepat, karena tidak ada waktu yang benar-benar tepat. Stop menunggu produk yang sempurna, mulailah launching sebuah produk. Stop menunggu suatu hari, karena hari itu tidak akan pernah datang.
  1. Kurangi Beban Kognitif Anda dengan SaneBox atau Evernote
    Kelola beban kognitif sehingga tidak perlu “terus mengingat semua hal”. Untuk melakukan itu, SaneBox bisa digunakan untuk mengurangi beban email atau bisa mendokumentasikan segala sesuatu yang dirasa penting di Evernote.
  1. Berhenti Sejenak untuk Berpikir
    Setiap entrepreneur pasti sibuk, maka dari itu diperlukan untuk ambil waktu sejenak untuk berhenti dari kesibukan rutinitas untuk berpikir. Tidak perlu lama-lama, cukup lima menit saja di pagi hari untuk berpikir tentang apa yang akan dan perlu di lakukan.
  1. Sisipkan Waktu Kosong di Jadwal Mingguan
    Kebanyakan entrepreneur menganggap bahwa adanya waktu kosong atau waktu senggang akan menjadi kontraproduktif bagi bisnis. Tapi beberapa penelitian justru menunjukan pentingnya untuk memasukan waktu kosong ke jadwal mingguan. Ketika berada di dalam kesibukan dan tidak ada waktu luang, kemampuan kognitif cenderung menurun. Hal ini menyebabkan kesalahan, dan wawasan-wa yangdapatkan menjadi susah masuk ke dalam memori otak.Jeff Bezos, founder dari Amazon selalu menyisipkan waktu kosong di hari Senin dan Kamisnya. Ia sengaja melakukannya agar memiliki waktu untuk berpikir lebih mendalam tentang visi perusahaannya. Kalau tidak demikian, ia hanya memikirkan masalah yang datang saja dan tidak berpikir secara proaktif tentang masa depan perusahaan.
  1. Mulai Hari Anda Lebih Awal Dibandingkan dengan Orang Lain
    Di dalam biografi dan autobiografi orang-orang sukses, mereka semua memiliki satu kebiasaan yang sama yaitu tidur yang cukup dan bangun lebih awal daripada orang pada umunya. Bangun pagi memungkinkan untuk membuat perencaan kegiatan harian yang baik karena kondisi fisik dan pikiran di pagi hari masih dalam keadaan terbaik.

Sumber : //www.insperity.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu